04 April 2012

Praktek kerja lapangan merupakan salah satu kurikulum yang harus ditempuh oleh pelajar SMK Negeri 3 Balikpapan. Selain untuk memenuhi kewajiban semester, diharapkan kegiatan ini dapat menjadi jembatan penghubung antara dunia indusri dengan dunia pendidikan juga dapat menambah wawasan sehingga siswa siswi mampu mengatasi persaingan dalam dunia kerja.

Mutu pendidikan saat ini menjadi sorotan di mata dunia pendidikan baik didalam maupun luar negeri, hal ini demi terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu membuat dunia menjadi lebih maju dan menjadikan kehidupan lebih baik lagi. Dalam rangka pengembangan dan peningkatan kegiatan sekolah,  maka diperlukan adanya suatu kegiatan yang bertujuan untuk melatih dan mendidik para pelajar.

Praktek kerja lapangan merupakan suatu kegiatan kerja siswa siswi yang ditempatkan pada suatu tempat yang berkaiatan dengan bidang ilmu yang ditempuhnya dalam waktu tertentu. Selain itu, praktek kerja lapangan yang dilakukan dapat membantu siswa siswi agar lebih memahami bidang studi yang di tekuninya dan mendapatkan gambaran nyata pengimplementasian ilmunya di dunia nyata. Siswa siswi diwajibkan belajar mengatasi kesenjangan antara teori yang didapatkan di bangku sekolah dengan permasalahan di kantor sebenarnya, yang memerlukan teknologi informasi untuk mendapatkan jalan keluarnya.

Program Praktek Kerja Lapangan ini di laksanakan untuk menyelaraskan antara teori yang di peroleh dari lembaga pendidikan dengan yang di peroleh di lapangan. Dengan ini di harapkan agar tercipta sumber daya manusia yang kompetitif dengan ilmu yang di peroleh di bangku sekolah serta pengalaman yang di peroleh dari dunia industri.

Bagi saya sendiri, latar belakang dilakukannya praktek kerja lapangan ini selain sebagai syarat untuk menyelesaikan tugas semester, saya juga ingin menggali pengalaman serta potensi di lapangan dan ikut langsung dalam dunia industri. Dengan demikian, saya dapat menyelaraskan ilmu yang di peroleh di sekolah dengan ilmu yang di peroleh di Telkom, yaitu Perusahaan tempatku ber-PKL.

Manfaat Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Manfaat bagi siswa siswi
  1. Dengan mengikuti praktek kerja lapangan, siswa siswi diharapkan dapat meningkatkan kemampuan hard skill dan soft skillnya.
  2. Dapat memperoleh gambaran dunia kerja yang nantinya berguna bagi siswa siswi apabila telah menyelesaikan pendidikan dibangku SMK, sehingga dapat menyesuaikan diri dengan dunia kerja.
  3. Dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang telah diperoleh di sekolah sekaligus menambah wawasan dan pengalaman..
  4. Meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab dalam kerja.
  5. Dan sebagai pengalaman kerja awal sebelum terjun langsung ke dunia kerja yang nyata juga sebagai wadah untuk menjalin kerjasama yang baik antara lembaga pendidikan dengan pihak instansi yang terkait.

Manfaat bagi Sekolah
  • Dengan pelaksanaan praktek kerja lapangan, sekolah mampu meningkatkan hubungan kemitra'an dengan perusahaan.
  • Mampu mengembangkan program kemitraan lainnya, seperti pertukaran pakar.
  • Mempu merelevansikan kurikulum mata pelajaran dengan kebutuhan dunia kerja.

Manfaat bagi Perusahaan
  1. Dengan pelaksanaan praktek kerja lapangan (PKL), diharapkan perusahaan mampu meningkatkan hubungan kemitraan dengan sekolah.
  2. Mampu melihat kemampuan potensial yanng dimiliki siswa siswi peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL), sehingga akan lebih mudah untuk perencanaan peningkatan di bidang Sumber Daya Manusia (SDM).
  3. Membantu Instansi / Perusahaan dalam menyelesaikan tugas sehari-hari selama Praktek Kerja Lapangan..

Tempat dan Waktu Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Waktu pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan yaitu tanggal 12 Januari 2012 sampai dengan 12 Mei 2012, bertempat di Kantor Telkom Divisi Cunsomer Service Area Balikpapan dengan pembimbing Bapak Maryanto.

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates